Cara Melakukan Pengembalian/Retur Pembelian

Retur Pembelian berfungsi untuk melakukan pengembalian pada barang yang bermasalah atau rusak dan berpengaruh pada stok di Olsera akan berkurang karena pengembalian barang ke supplier, penginputan retur pembelian bisa diinput sesuai dengan panduan berikut.

  1. Menuju ke menu Retur Pembelian
    Pada backoffice pilih menu "Pembelian", pilih opsi "Retur" pada sisi kanan atas.


  2. Tekan tombol "Tambah" pada sisi kanan layar.




  3. Mencari nomor pembelian dan supplier yang ingin diretur
    Anda hanya bisa melakukan retur pembelian pada nota pembelian dengan status Sudah Diterima dan Sudah Dibayar.

    Cari Supplier:
    bisa dimasukan nama supplier yang nota pembeliannya ingin dilakukan pengembalian atau retur.

    Cari Resi: bisa dipilih/diketik nota pembelian yang ingin dilakukan pengembalian pembelian.



    Setelah memilih supplier dan nota yang ingin diretur seperti pada foto di bawah, tekan tombol "Simpan" pada sisi kanan atas



  4. Produk yang ingin diretur/dikembalikan ke supplier akan muncul seperti pada foto dibawah





  5. Tekan "Post Sekarang"
    Setelah Anda selesai menginput produk-produk yang ingin diretur/dikembalikan ke supplier, bisa diposting retur pembelian pada sisi atas kanan dengan menekan tombol "Post Sekarang", maka stok di Olsera anda akan berkurang).



    Setelah "Post Sekarang" ditekan maka retur pembelian anda telah berhasil.

    Fitur Tambahan Retur Pembelian (optional) : 

    Exchange for New Item: biasanya digunakan ketika dari pihak supplier, mengganti barang yang rusak / diretur dengan barang baru, jadi di olsera stok nya akan bertambah sesuai qty barang yang direfund.



    Aktifkan jika dari pihak supplier menukar barang yang rusak dengan barang baru, ubah opsi Exchange for new Item menjadi "Ya", kemudian tekan tombol "Terima" pada sisi kanan. Maka stok di olsera akan bertambah sesuai jumlah produk yang dikembalikan dananya.

Did you find this article useful?