Cara Menambah Data Pelanggan dari Backoffice

Fitur Pelanggan di Olsera berfungsi untuk menyimpan informasi-informasi pelanggan dan member di toko Anda, informasi ini berisi nama pelanggan, nomor telpon, alamat, dan email. Penambahan data pelanggan bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Menuju menu "Pelanggan"
    Pada Backoffice, bisa pilih menu "Pelanggan & Supplier", Pilih menu "Pelanggan", Tekan opsi "+Tambah" pada sisi kanan layar.





  2. Mengisi Informasi Pelanggan

    Nama: masukan nama pelanggan
    Tipe Pelanggan: biasanya bisa dikelompokkan menjadi pelanggan tipe Guest (umum), dengan pelanggan Khusus (contoh: reseller, grosir, agen, gold, diamond)
    Handpone: masukan nomor handphone pelanggan
    Jenis Kelamin: pilih "gender" pelanggan

    Catatan: jika hanya membutuhkan beberapa data pelanggan, maka bisa informasi pelanggan bisa disimpan melalui tombol "Simpan" di sisi kanan atas (hanya info di atas saja yang wajib diisi, yang lain boleh dilewati). 

    Apabila ingin mengisi Informasi pelanggan yang lebih detail bisa mengikuti langkah ke 3.





  3. Mengisi data Email pelanggan dan Password (tidak wajib) :
    Email: Anda bisa memasukan email yang digunakan oleh pelanggan 

    Kata Sandi: kata sandi tidak wajib diisi, karena kata sandi berfungsi untuk Toko Online Olsera, apabila diisi ketika pelanggan Anda ingin belanja di Toko Online anda di Olsera, mereka bisa menggunakan password yang didaftarkan untuk login di Toko Online Anda.





  4. Mengisi Informasi Lainnya (tidak wajib) :

    Tanggal Lahir: bisa dimasukan tanggal lahir pelanggan 
    Kode Pelanggan: bisa dimasukan kode/nomor member pelanggan dan kode pelanggan tidak bisa sama antara kedua pelanggan, sebagai contoh: 0001, 0002, 0003, dan seterusnya. 
    Batas Kredit/Hutang: bisa membataskan jumlah piutang pelanggan yang belanja di toko Anda.
    Nama Perusahaan: masukan nama perusahaan 
    Terima Buletin Berkala: berfungsi pada Toko Online, fungsi ini untuk mencatat semua email pelangan yang akan menerima pesan atau broadcast via email (Anda perlu terhubung ke pihak ke 3 Mail Chimp.)
    Bekukan: bisa membebukan data pelanggan, data pelanggan yang telah dibekukan, tidak bisa dipilih di aplikasi kasir. 
    Tanggal Berakhir: bisa digunakan untuk memberikan batas aktif data pelanggan, berfungsi untuk mencatat masa aktif membership/langganan pelanggan.
    Catatan: bisa dimasukan informasi tambahanan untuk data pelanggan





  5. Mengisi Informasi Alamat (tidak wajib):

    Alamat: bisa diisi dengan detail alamat / lokasi pelangggan 
    Negara: pilih lokasi negara  
    Provinsi: pilih lokasi provinsi pelanggan
    Kota: pilih lokasi kota pelanggan
    Kecamatan: pilih lokasi kecamatan pelanggan
    Kode POS: masukan kode pos lokasi pelanggan

Did you find this article useful?